Sabtu, 23 November 2013

Jerawat Karena Hormon

Mungkin sebagian besar telah mengetahui apa itu jerawat, yaitu benjolan yang biasanya tumbuh di wajah. Seringkali, jerawat dianggap sebagai musuh bagi sempurnanya penampilan fisik seseorang, maka dari itu mereka mencoba berbagai macam cara agar si jerawat yang “mengganggu” ini dapat segera hilang. Namun tidak semudah yang dibayangkan, lantaran jerawat muncul bukan hanya karena jenis kulit, kesesuaian jenis kosmetik serta jenis makanan yang dikonsumsi, karena jerawat karena hormon juga sering kali muncul.

Jerawat karena hormon, kapan muncul?

Jerawat karena hormon, biasanya muncul di saat seseorang mengalami ketidakseimbangan kadar hormone di dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini menyebabkan sekresi yang berlebih, terutama pada kelenjar minyak dan lemak di kulit wajah. Hal itu menyebabkan penyumbatan pori – pori wajah yang berakhir dengan tumbuhnya jerawat karena hormon.
Jerawat karena hormon banyak ditemukan pada remaja yang sedang memasuki masa pubertas, karena pada usia – usia seperti itu, ketidakseimbangan hormone lazim terjadi. Pada masa pubertas, hormone libido biasanya akan meningkat tajam seiring dengan pertambahan usia yang dialami. Hormon libido inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.
Akan tetapi, jerawat karena hormon tidak selalu muncul pada saat pubertas saja lantaran pada banyak kasus, kita dapat dengan menemukan wanita dewasa juga mengalami hal serupa, terutama pada saat mereka mengalami menstruasi. Pada saat menstruasi, hormone yang ada di dalam tubuh seorang wanita biasanya mengalami ketidakseimbangan, yang kemudian akan menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Namun, tidak setiap wanita yang sedang datang bulan akan mengalami jerawat karena hormon ini karena semua tergantung dari kestabilan hormon yang ada dalam tubuh.

Cara mengatasi jerawat karena hormon

Jerawat karena hormon yang terjadi pada remaja yang sedang memasuki usia pubertas, biasanya akan sedikit sulit untuk dihilangkan dengan obat – obatan yang ada di pasaran. Jerawat yang terjadi pada masa pubertas biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia karena pada saat dewasa, hormone libido biasanya akan secara otomatis stabil.
Masalah yang acap kali timbul adalah bagaimana apabila masa pubertas telah lewat namun jerawat karena hormon ini masih saja ada? Salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi jerawat karena hormon adalah dengan mengontrol kadar hormone libido yang ada dalam tubuh. jangan hanya menggunakan obat jerawat biasa, namun harus dengan obat pengendali hormone. Namun, ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis untuk menghindari resiko yang mungkin timbul.
Jadi, dengan kata lain, jerawat karena hormon akan sembuh dengan sendirinya saat hormon dalam tubuh berangsur stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar